Cara Membuat Kompor Dari Kaleng Bekas

kompor dari kaleng bekas
Kompor dari Kaleng Bekas

Ketika berkemah atau camping salah satu aktifitas yang kita lakukan yaitu memasak, untuk memasak kita memerlukan kompor. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat kompor berbahan bakar spritus dengan menggunakan kaleng bekas. Bahan dan alat-alat yang diperlukan adalah :

  • dua buah kaleng bekas
  • sebuah paku ukuran 5mm
  • sebuah obeng
  • sebuah spidol
  • palu 
  • pisau atau cutter
  • bahan bakar spritus
Setelah bahan dan alat siap sekarang kita praktekkan bagaimana cara membuat kompor dari kaleng bekas. Berikut saya jelaskan langkah - langkahnya:


Langkah Pertama

kaleng bekas untuk membuat kompor
Kaleng Bekas untuk Membuat Kompor

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengukur kaleng bekas yang disiapkan. Ukuran tinggi kaleng maksimal 4cm agar tidak terlalu tinggi. Cara mengukurnya dari bagian bawah ke bagian tengah kaleng karena yang di pergunakan nanti adalah bagian bawah sampai bagian tengah kalengnya saja. Setelah diukur kemudian siapkan buku setinggi ukuran tersebut untuk menaruh sepidol dibuku, fungsinya nanti agar garis yang dihasilkan melingkar rapi pada kaleng. Untuk lebih jelas bisa lihat di gambar, di bawah ini.

Tandai kaleng bekas
Tandai Kaleng Bekas

Langkah Kedua

Lakukan pemotongan di bagian yang di tandai tadi dengan pisau atau cutter, potong dengan perlahan agar rapi. Hati - hati saat melakukan pemotongan karena bagian kaleng yang terpotong akan menjadi tajam dapat melukai kulit bila terkena gores. Lakukan pemotongan untuk kedua kaleng yang sudah di ukur tadi.

potong kaleng bekas
Potong Kaleng Bekas

Langkah Ketiga

Setelah selesai melakukan langkah ketiga atau selesai melakukan pemotongan untuk kedua kaleng. Langkah selanjutnya menyatukan kedua kaleng yang di potong dengan cara kaleng A di satukan dengan kaleng B dengan hati - hati karena kaleng gampang rusak jika pada saat disatukan di tekan dengan keras. Jadi lakukan secara perlahan agar kaleng tidak rusak.

cara satukan kalang bekas
Cara Satukan Kaleng Bekas
satukan kaleng bekas
Satukan Kaleng Bekas
 
Langkah Keempat

Selanjutnya pilih bagian kaleng yang akan digunakan untuk ditempatkan di bawah yang berfungsi sebagai penyimpanan bahan bakar spritus nanti dan satu sisi sebagai atasannya untuk dilobangi pinggirannya dan tengahnya. Bagian pinggiran yang berlobang nanti untuk tempat keluar apinya dan bagian lobang tengah nanti untuk memasukkan bahan bakar spritus. 

lubang pinggir kaleng bekas
Lubang Pinggir Kaleng Bekas

Setelah menentukan kedua bagian tersebut langsung saja lobangi bagian pinggir kaleng yang nantinya sebagai atasan kompor dengan paku kecil ukuran 5mm. Jumlah lubang pinggiran terserah mau dilubangi berapa saja boleh kira-kira lubang yang bagus itu 20-30 lubang cukup.

lubang tengah kaleng bekas
Lubang Tengah Kaleng Bekas

Kemudian lobangi bagian yang tengah dengan obeng agar ukuran lubang lebih besar. Untuk melubangi bagian tengah kaleng tidak perlu banyak-banyak cukup 1 buah lubang saja yang penting ada 1 lubang yang disediakan untuk mengisi bahan bakar spritus nanti. setelah di lubangi tutup lubangnya dengan paku payung atau paku pines.

Langkah Kelima

tambahkan spritus pada kompor kaleng bekas
Tambahkan Spritus Pada Kompor Kaleng Bekas

Setelah selesai melakukan langkah melubangi kaleng kompor diisi bahan bakar spritus dari lubang tengah yang paling besar. Kompor dari kaleng bekas berbahan bakar spritus siap untuk di gunakan. Kompor dari kaleng bekas tidak hanya bisa digunakan untuk memasak pada saat camping atau kemah bisa juga digunakan pada saat mendaki, memancing dan aktifitas outdoor lainnya.

nyalakan kompor kaleng bekas
Nyalakan Kompor Kaleng Bekas

Kompor sudah menyala bisa dipakai untuk memasak saat camping, berkemah, memancing atau naik gunung. Jika ingin menyewa peralatan camping atau kemah bisa menyewa di goldenavatar-outdoor.com menyewakan berbagai macam perlengkapan camping  atau kemah di bali.



1 comment: