Cara Menggunakan Kompor Gas Portable

Menggunakan Kompor Gas Portable -- Kegiatan outdoor seperti piknik, outbond, camping, dan mendaki akan lebih lengkap dengan kegiatan memasak. Salah satu peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan memasak outdoor adalah kompor gas portable. Sedikit berbeda dengan kompor gas LPG yang biasa kita temukan di dapur, kompor gas portable ini di desain lebih simple, praktis dan mudah.  Kompor gas portable ini sangat  praktis digunakan  dan mudah dibawa kemana-mana dalam kegiatan outdoor.


Bagi kalian yang sudah mempunyai kompor gas portable dan masih bingung dalam menggunakannya. Berikut kami bagikan langkah-langkah dalam menggunakan kompor gas portable yang benar;
Yuk disimak satu-satu! Let's Camp!






Siapkan kompor gas portable dan gas tabung kaleng. Posisikan kompor gas portable ditempat yang aman dan yaman. Pastikan knop penekan gas dan knop pematik api dalam posisi OFF. Kemudian buka penutup tabung gas.



Lepaskan tutup tabung dari tabung gas kaleng. Pasang tabung gas pada tempat yang disediakan.



 Kemudian posisikan katup/tombol penujuk pada kompor tepat pada lubang yang ada pada tabung gas kaleng.




Jika tabung gas kaleng sudah terpasang dengan benar, tutup kembali penutup tabung gas pada kompor.



Tarik kebawah knob penekan gas pada kompor agar bahan bakar gas terkunci (Fuel lock), ini menandakan  tabung gas sudah terpasang dengan baik dan bahan bakar gas sudah mengalir pada selang kompor portable. 




Kemudian lanjutkan dengan  menyalakan kompor, putar knob pengatur api/pematik dari posisi OFF ke arah  kiri sampai posisi ON hingga mengeluarkan bunyi "TEK". Kompor gas portable sudah menyala dan siap untuk digunakan. 
Jika sudah selesai digunakan, putar  kembali knob pematik  ke posisi OFF. Pastikan kompor sudah tidak menyala. 

Untuk lebih jelasnya, simak video berikut ini ..... (Cara Menggunakan Kompor portable) 



LANGKAH RESET



Jika tekanan dalam tabung gas melebihi batas, maka alat pembatas tekanan akan bekerja.
Anda  dapat melakukan reset pada kompor dengan langkah-langkah sebagai berikut;
  • Keluarkan tabung gas dari kompor.
  • Putar knob pematik pada posisi ON
  • Tekan tombol reset sampai terdengar bunyi "KLIK"

TIPS PERAWATAN

        Agar terawat dengan baik kompor  gas portabe yang sudah selesai digunakan sebaiknya segera dibersihkan. Berikut kami bagikan tips perawatan agar kompor gas portable awet digunakan;
  1. Jika kompor gas portable sudah selesai digunakan, pastikan kompor sudah tidak menyala lagi dengan memutar  knob pematik  ke posisi OFF. 
  2. Untuk membersihkan kompor gas portable, tunggulah kompor sampai dingin.
  3. Tarik ke atas knob penekan gas pada kompor agar bahan bakar gas tidak mengalir lagi. Kemudian kelurkan tabung gas pada kompor. 
  4. Lalu putar knob pematik  sekali lagi pada posisi ON, untuk mengeluarkan gas yang masih tersisa pada kompor, jika sudah habis putar kembali ke posisi OFF. 
  5. Bersihkan badan kompor dengan spon dan sabun cuci piring, gunakan handuk atau lap sedikit basah untuk membersihkan sisa sabun pada kompor. Bersihkan juga plat tatakan kompor  yang berfungsi menaruh alat memasak. 
  6. Jika sudah kering kompor gas portable bisa disimpan ditempat aman. 


Sekian penjelasan cara menggunkaan kompor gas portable. Semoga  dapat membantu anda  dan aktivitas outdoor anda dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan. 

Lestarikan Alam dan Buanglah Sampah pada Tempatnya. Keindahan alam yang diberikan Tuhan wajib kita syukuri, dengan menjaga dan melestarikannya. 


----------Let's Camping----------
#Mari saling berbagi cerita dan pengalaman petualangan bersama dengan mention & tag
@golden_avatar_outdoor
#goldenavataroutdoor
Instagram : golden_avatar_outdoor



No comments:

Post a Comment