Cara Mendirikan Tenda Dome Kapasitas 2 Orang Double layer

Cara Mendirikan Tenda Dome Kapasitas 2 Orang Double layer

            Tenda dome kapasitas 2 orang double layer merupakan tenda mini yang memuat cukup untuk kapasitas dua orang dan dilengkapi dengan dua lapisan (double layer) yaitu lapisan dalam dan lapisan luar yang menahan air agar tidak tembus ke bagian dalam kain. Tenda ini cukup ringan untuk dibawa saat melakukan kegiatan outdoor dan cara mendirikan tenda dome kapasitas 2 orang double layer ini sangat mudah. Nah, jasa penyewaan peralatan camping, Golden Avatar Outdoor kali ini akan berbagi cara untuk mendirikan tenda dome kapasitas 2 orang double layer.
Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendirikan tenda diantaranya ;
  • Carilah tempat yang datar. Tempat yang datar akan memberikan kenyamanan saat beristirahat di dalam tenda daripada tempat yang miring.
  • Kedua, Jika memungkinkan carilah dataran yang tinggi. Ada baiknya anda menghindari daerah-daerah seperti bekas sungai yang telah kering, dataran rendah, ataupun daerah-daerah yang cekung. Hal ini untuk menghindari air mengalir turun ke dataran yang lebih rendah saat hujan. Tentunya anda tidak ingin terbangun dalam keadaan tenda yang sudah terkena aliran air.
  • Ketiga, Carilah tempat yang terlindung dari sengatan matahari langsung. Tenda harus didirikan di daerah yang teduh terutama jika cuaca di luar tenda sedang panas. Selain itu, ada baiknya mencari tempat berkemah yang terlindung dari tiupan angin untuk melindungi tenda jika sewaktu-waktu cuaca tiba-tiba menjadi buruk saat sedang meninggalkan tenda atau melakukan kegiatan diluar tenda.
  • Keempat, Jauhkan sumber api dari tenda. Mengetahui arah angin anda dapat memposisikan tenda dengan baik. Pastikan tenda yang didirikan berada di belakang sumber api agar saat angin bertiup, api tidak berkobar ke arah tenda. Pastikan juga tidak ada bara api atau percikan api untuk menghindari bahaya kebakaran.
  • Kelima, Bersihkan kerikil, dedaunan dan ranting-ranting kering dari area kemah dan tempat tenda akan didirikan agar nantinya dapat beristirahat dengan lebih nyaman.
            Setelah memperhatikan hal diatas, Yuk..! simak langkah-langkah mendirikan tenda dome kapasitas dua orang double layer berikut;


            Keluarkan dan periksalah semua komponen tenda dari dalam tas untuk memastikan bahwa tidak ada komponen tenda yang kurang, serta seluruh komponen tenda dalam kondisi baik. Tenda tidak dapat didirikan dengan baik jika ada tiang rangka yang patah atau hilang. Oleh karena itu, sebaiknya selalu memastikan komponen-komponen tenda lengkap saat pengambilan peralatan sewa di Golden Avatar Outdoor.
Komponen tenda dome 2 orang double layer terdiri dari;
  • 1 buah tenda alas lapisan dalam
  • 1 buah lapisan luar
  • 2 buah rangka frame tenda
  • 6-8 pcs pasak
  • 4 pcs tali kur
tenda camping kapasitas 2 orang
Gambar 1
Bentangkan komponen tenda alas lapisan dalam di permukaan yang datar. Jika memungkinkan dibawah tenda dapat diberikan alas terpal tambahan untuk mencegah embun tanah menempel cepat ke tenda alas lapisan dalam.
tenda camping kapasitas 2 orang
Gambar 2
Sambungkan masing-masing frame/tiang rangka tenda menjadi tiang lurus. Tiang rangka tenda tersambung satu sama lain melalui semacam pipa konektor logam dengan kabel elastis sehingga setiap segmen tiang dapat disatukan dengan mudah. Kemudian bentangkan tiang frame tersebut menyilang diatas tenda lapisan dalam. Pasangkan masing-masing ujung frame pada pin atau penyemat yang ada disetiap sudut tenda lapisan dalam sehingga tiang frame akan melengkung seperti gambar 2.
tenda camping kapasitas 2 orang
Gambar 3

Setelah itu, pengait yang menempel pada permukaan tenda lapisan dalam dikaitkan pada tiang frame tenda. Sehingga kain tenda lapisan dalam dapat terangkat seperti gambar 3.
tenda camping kapasitas 2 orang
Gambar 4
Bentangkan kain lapisan luar diatas tenda lapisan dalam. Kemudian ikatkan pengait / tali yang ada di permukaan dalam (tenda lapisan luar) pada tiang frame tenda. Pada tenda biasanya terdapat semacam simpai kecil (lubang yang terbuat dari cincin logam) yang berada baik di setiap ujung luar tenda maupun di bagian tengah dari setiap sisi luar tenda. Lalu pengait yang ada di setiap sudut tenda lapisan luar dapat diikatkan pada simpai yang ada pada setiap sudut tenda lapisan dalam, seperti gambar 4.
tenda camping kapasitas 2 orang
Gambar 5
Untuk memperkuat tenda berdiri, penting untuk memasang pasak pada tenda agar tenda tidak terbawa angin jika tiba-tiba angin kencang bertiup. Masukkan pasak ke dalam simpai ujung luar tenda, kemudian masukkan pasak ke dalam tanah. Anda bisa menggunakan tali kur untuk mengikat simpai tenda yang jauh dari tanah. Ikat tali kur pada simpai tenda kemudian tarik tali kearah tanah ikatkan kembali pada pasak yang sudah ditancapkan ke tanah.

Jika semua komponen sudah terpasang dengan baik maka tenda sudah siap untuk digunakan beristirahat, mudah yaaa….Happy Camp!

Melipat Tenda

            Setelah selesai berkemah, sebelum melipatnya kembali biarkan tenda kering dulu yaaa… Hal ini untuk menghindari timbulnya jamur di bagian dalam tenda. Jika sudah cukup kering satu persatu-satu komponen tenda dapat dilepaskan. Anda perlu berhati-hati agar tiang frame tidak patah dan pasak tenda tidak sampai merusak atau merobek tenda.
  • Kemudian tepuk kain tenda agar udara dari dalam tenda dapat keluar.
  • Lipat tenda dengan cara menggulungnya kemudian masukkan ke dalam tas tenda. Menggulung tenda dapat membantu menjaga agar kain tenda tetap berada dalam kondisi yang baik, tidak bocor dan tahan lama.
  • Masukkan juga tiang frame, pasak, dan tali kur ke dalam kantong bawaanya.

·                     Setelah memasukkan kain tenda, masukkan kantong tiang frame, pasak, dan tali kur ke dalam tas. Simpanlah komponen-komponen tersebut di samping kain tenda.
Sekian penjelasan cara mendirikan tenda dome kapasitas 2 orang double layer. Semoga dapat membantu dan aktivitas outdoor anda dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Lestarikan Alam dan Buanglah Sampah pada Tempatnya. Keindahan alam yang diberikan Tuhan wajib kita syukuri, dengan menjaga dan melestarikannya.
-------Let's Camping---------
#Mari saling berbagi cerita dan pengalaman petualangan bersama dengan mention & tag
@golden_avatar_outdoor
#goldenavataroutdoor
Instagram : golden_avatar_outdoor

No comments:

Post a Comment