Cara Menggunakan Grill Pan

Grill Pan merupakan salah satu alat pemanggangan masa kini yang menjadi favorit keluarga karena desainnya yang simple, praktis dan nyaman untuk digunakan. Dalam penggunaanya, alat ini mengeluarkan asap yang jauh lebih sedikit sehingga nyaman digunakan baik di dalam atau di luar ruangan. Untuk menjaga agar grill pan tetap awet dan tahan lama, berikut langkah-langkah cara penggunaan grill pan untuk  memanggang makanan favorit keluarga.

1. Sebelum mulai memanggang, sebaiknya peralatan dan perlengkapan dipersiapkan dengan baik, seperti kompor, grill pan, dan bahan makanan yang akan dimasak. Agar proses memanggang lebih nyaman, posisikanlah kompor dan grill pan di tempat yang datar.
Kemudian siapkan beberapa mililiter (ml) air lalu tuangkan air pada tempat panggangan bawah (Drip Pan) sampai di bawah batas cekungan. 

Pemanggangan Tanpa Asap
Pemanggangan Tanpa Asap





Air  inilah yang menjaga alat grill pan  agar tidak mudah gosong. Sisa bahan masakan seperti minyak, kecap/saos, bumbu masak atau sisa makanan yang menjadi kerak akan jatuh ke air sehingga kerak/arang yang timbul nanti mudah untuk dibersihkan. Air yang keluar dari bahan panggangan akan jatuh ke pinggir teflon, lalu jatuh ke drip pan.

2. Setelah itu, pasangkan bagian atas grill pan (teflon grill) ke panggangan bawah yang sudah diisi air.

Pemanggangan Tanpa Asap
Pemanggangan Tanpa Asap

3. Kemudian grill pan siap untuk digunakan, nyalakan kompor dan letakkan bahan makanan yang akan dipanggang di atas teflon.

Pemanggangan Tanpa Asap
Pemanggangan Tanpa Asap

Tips memanggang;

Perhatikan selalu air pada pemanggangan bawah. Jika dalam proses memanggang air sudah semakin sedikit, tuangkan kembali air pada tempat panggangan bawah (Drip Pan) dari lubang - lubang kecil di atas grill pan,  kondisikan agar air tidak sampai habis. 

Setelah selesai memanggang, sebaiknya grill pan segera dibersihkan. Kerak yang menempel terlalu lama akan semakin sulit untuk dibersihkan dan membuat lapisan teflon hilang. Penggunaan dan perawatan yang benar akan membuat peralatan  yang digunakan  awet dan mampu bertahan lama. 

Selamat mencoba. Semoga dapat membantu dan aktivitas anda dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Lestarikan Alam dan Buanglah Sampah pada Tempatnya. Keindahan alam yang diberikan Tuhan wajib kita syukuri, dengan menjaga dan melestarikannya.

-------Let's Camping---------
#Mari saling berbagi cerita dan pengalaman petualangan bersama dengan mention & tag
@golden_avatar_outdoor
#goldenavataroutdoor
Instagram : golden_avatar_outdoor