Cara Menggunakan Kompor Kemah Portable Kovar

Cara Menggunakan Kompor Kemah Portable Kovar Windproof

Kompor kovar adalah kompor gas portable yang ringan bisa kita bawa ke mana - mana seperti kegiatan camping dan mendaki, kompor portable jenis ini banyak digunakan pada saat melakukan kegiatan camping atau mendaki sebagai alat masak ketika melakukan kegiatan camping. Sebab selain bentuknya yang kecil dan mudah di packing, kompor jenis ini sebenarnya sangat mudah digunakan. Bahan bakar kompor camping kovar portable ini cukup dengan gas kaleng mini atau biasa disebut dengan gas hicook. ( Baca juga : Sewa Perlengkapan Kemah Di Bali )



Detil Produk

    Kompor camping / kemah portable mini
    Mudah digunakan, cocok untuk dibawa camping / kemah
    Dengan sistem windproof, memiliki penghalang agar api tidak mudah tertiup angin
    Kompor portable menggunakan gas kaleng / hicook
    Bentuknya kecil / mini sehingga mudah dibawa kemana-mana
    Mudah dinyalakan dan aman

Spesifikasi

    Material: copper stainless steel
    Tipe bahan bakar: butane/ propane ( gas tabung mini )
    Berat 375 gram ( kompor+sarung )


Kompor Kemah Portable Kovar Windproof
Kompor Kemah Portable Kovar Windproof

Ada beberapa jenis kompor portable yang biasa digunakan untuk memasak.  Ada yang jenis kompor kotak, kompor kembang, kompor yang ada selangnya, dan masih banyak lagi. Namun untuk pembahasan kali ini memilih kompor kovar windproof sebagai contoh cara menggunakannya. Kompor kovar ini memiliki perlindungan dari tiupan angin, maka api akan selalu fokus dan masakan yang dimasak lebih cepat matang.


Tentukan Letak Kompor

kompor camping windproof
Kompor Kovar Windproof


Langkah pertama yang di lakukan sebelum menyalakan kompor camping / kemah portable adalah mempersiapkan tempat untuk kompor camping portable kovar dan gas mini, cari tempat atau permukaan datar untuk menempatkan kompor, agar padasaat memasak kompor da alat masak tetap datar tidak miring kemiringan letak atau tempat kompor bisa menyebabkan peralatan masak jatuh saat di gunakan. Kemudian buka kaki - kaki kompor agar kompor bisa berdiri tegak.


Pasang Tabung Gas Ke Kompor


tempat pasang gas tabung di kompor kovar
Tempat Pasang Gas Tabung Di Kompor Kovar

Langkah berikutnya yaitu, memasukkan tabung gas mini ke kompor portable. Pertama kaitkan mulut bawah tabung ke kompor dengan posisi lubang yang ada di mulut tabung harus berada diatas dan simetris dengan pengait yang ada di kompor, kemudian tempelkan dan putar sedikit saja tabung ke arah kanan.

Pasang gas kompor kovar
Pasang Gas Kompor Kovar


Membuka Kran Gas 


Membuka Kran Gas Kompor Kovar
Membuka Kran Gas Kompor Kovar


Setelah tabung gas dengan kompor sudah terpasang, putar kran gas yang berfungsi mengatur besar kecil gas atau api yang keluar. Untuk menghidupkan kompor buka sedikit saja sampai terdengar suara gas yang keluar. Umumnya putar ke arah kiri menambah volume api dan sebaliknya putar ke arah kanan mengecilkan sampai mematikan apinya.

Tekan pemantiknya


Pematik Kompor Kovar
Pematik Kompor Kovar



Selanjutnya setelah kran gas terbuka sedikit dan gas keluar sedikit dari tabung gas tekan pemantik api. Pematik api berfungsi sebagai penghantar api supaya bisa menyala, yang terbuat dari magnet. Bagian pemantik ini yang sering mengalami kerusakan karena magnet sudah habis. Tapi tidak perlu khawatir jika pematik api pada kompor tidak berfungsi karena bisa menggunakan korek sebagai penggantinya.


Kompor Siap Digunakan


Kompor Kovar Siap Digunakan
Kompor Kovar Siap Digunakan

Kompor sudah menyala sudah siap digunakan. Bisa digunakan untuk memasak nasi, membuat air hangat, kopi, teh, dan lain - lain. Ketika sudah selesai memasak, gas hicook jangan dibiarkan menempel di kompor untuk menhindari kebocoran gas sehingga terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Kebocoran gas biasanya disebabkan oleh kompor itu sendiri, entah karena kualitas kompornya sudah rusak atau kurang rapat menutup kran gasnya. Jadi lebih aman mending dilepas saja gas hicooknya.


Cara Melepas Gas Dari Kompor  


Lepas Gas Dari Kompor Kovar
Lepas Gas Dari Kompor Kovar


Apa bila selesai menggunakan kompor lebih baik tabung gas dilepas dari kompor, demi keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Cara melepasnya hampir sama dengan cara memasangnya yang berbeda yaitu arah putarannya. Perhatikan kaittan mulut tabung dengan kompor putar ke kiri arahkan ke posisi lubang yang ada di mulut tabung harus berada simetris dengan pengait yang ada di kompor kemudian lepas tabung gas.


Masukkan Kompor Kemah Portable Ke Sarung Kompor


Sarung Kompor Kovar
Sarung Kompor Kovar


Terakhir setelah tabung gas terlepas dari kompor, maka masukkan kompor ke dalam sarung kompor dengan cara meliipat kaki - kaki kompor dan kuncupkan penahan angin kompor kemudian masukkan ke sarungnya. 

Demikian sedikit penjelasan cara menggunakan kompor camping atau kemah portable berbahan gas bermerek covar windproof. Semoga pembahasan ini bisa membantu bagi anda untuk masak memasak pada saat camping atau mendaki, banyak sekali jenis-jenisi  kompor portable yang bisa digunakan untuk kegiatan outdoor. Jika ingin menyewa kompor camping atau perlengkapan kemah di bali bisa di golden avatar outdoor.

10 comments:

  1. gan mau tanya, ykompor yg punya saya saat dipasang tabung gasnya kok agak susah ya? memang begitu atau gimana ya? trims:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemasangan tabung gas gak susah gan tinggal dipaskan saja ujung tabung dengan karet di lubang gas di kompor kemudian putar sedikit agar gas terkait dengan pegangan kompor. kalau memeang agak terasa susah bisa di longgarkan sedikit pengait gas di kompor dengan tang.

      Delete
  2. Gan mau tanya,ketika pemasangan gas juka gas mendesia (keluar) itu normal atau tidak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan keran gasnya di posisi tertutup dulu, kalau keran gas di posisi tertutup terus ada bunyi gas keluar berarti ada kebocoran gan. Itu tidak aman gan perlu di service kompornya

      Delete
  3. Gan kalo itu semua langkah labgkah ya di lakuin terus kompor nya tetep gk mau nyala gmn ya , pdhl udah di coba berkali kali

    ReplyDelete
  4. kalau masih belum mau menyala coba di nyalakan dengan bantuan korek biasanya pematik kompor sering mengalami kerusakan gan.

    ReplyDelete
  5. kalo bunyi suara bluk gitu bahaya engga? setiap masang dan nyalakan pematik pasti bunyi gan

    ReplyDelete
  6. Kalau sudah dipasang ,kran tertutup rapat tapi masih keluar suara desis itu apa mulut kompor ada ronggga kebuka atau gimana, gan? Aman atau tidak

    ReplyDelete
  7. Tabung gas nya aman gak ya ditaro di tas, takutnya kepanasan di jalan atau pada saat perjalanan menggunakan mobil.

    ReplyDelete