Peralatan Wajib Camping di Musim Hujan

Peralatan Wajib Camping di Musim Hujan

Camping merupakan aktivitas yang menarik dan menyenangkan, kita bisa berkumpul bersama keluarga, sahabat, teman-teman untuk berbagi kebahagiaan dan mempererat rasa kekeluargaan dan keakraban. Sehingga tak jarang juga banyak orang yang melakukan kegiatan camping untuk menyalurkan hobinya. Namun aktivitas di ruang terbuka ini juga memiliki resiko, apalagi jika dilakukan saat musim hujan yang mana badai dan angin kencang lebih berpotensi sering terjadi saat turun hujan. Dalam kondisi musim hujan persiapan camping harus lebih matang dan harus siap dengan keadaan cuaca yang bisa lebih ekstrim. Hawa yang dingin, angin kencang serta beberapa hal lainnya dalam kegiatan camping harus diperhatikan.

Persiapan kegiatan camping yang lebih matang sangat diperlukan untuk menjaga keselamatan dan kesuksesan kegiatan camping yang kita lakukan. Berikut beberapa tips yang bisa kita bagikan saat camping di musim hujan :
1. Persiapkan Jas Hujan

jas hujan
Jas Hujan



Jas hujan merupakan perlengkapan yang sangat penting untuk dibawa saat camping di musim hujan. Jas hujan Sangat di perlukan ketika hujan benar - benar turun saat camping, jas hujan ini berfungsi untuk kita melakukan aktivitas di luar tenda camping agar tidak basah terkena tetesan air hujan yang jatuh, melakukan kegiatan di luar tenda misalnya; melihat suasana sekitar tenda saat hujan, untuk mendirikan tenda saat hujan turun, MCK, buang air kecil atau besar .

2. Bawa tenda bervestibule (teras)

tenda consina magnum 4
Tenda Consina

Jika anda berencana untuk tetap melakukan kegiatan camping disaat musim hujan, sebaiknya bawalah tenda yang memiliki teras sehingga memudahkan anda untuk memasak walaupun sedang turun hujan.

3. Kantong Plastik / Sling bag waterproof

sling bag waterproof
Sling Bag Waterproof

Camping di saat musim hujan akan terasa sangat tidak nyaman apabila ada banyak perlengkapan yang basah seperti pakaian, tas, sepatu dan sebagainya. Kantong plastik atau sling bag waterproof ini sangat membantu menjaga perlengkapan agar tetap kering, khususnya sleeping bag dan pakaian ganti dari resiko terkena air hujan apabila tas anda basah. Pakaian yang basah sangat beresiko menurunkan suhu tubuh yang bisa menyebabkan berbagai kemungkinan buruk seperti hypotermia.

4. Bawalah Flysheet 


Flaysheet
Flaysheet

Flysheet sangat berguna untuk melindungi tenda bagian dalam dari hujan, flysheet yang bagus adalah yang menutup tenda hingga kebawahnya. Hindari memakai tenda camping yang tidak mempunyai flysheet karena sewaktu dipakai di cuaca yang lembab saja tenda tersebut cenderung bagian dalamnya akan menjadi lembab dan sangat buruk untuk kesehatan.

5. Makanan Instan

makanan instant camping
Makanan Instant Camping

Saat Camping kesehatan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Jika fisik prima, maka semangat mengkikuti kegiatan camping akan terus tersedia. Makanan adalah bekal yang vital saat camping terlebih lagi saat hujan dan tidak bisa berpergian kemana - mana. Maka yang diperlukan adalah makanan - makanan praktis, seperti pop mie, coklat, roti, buah, dll. ( Baca Juga : Makanan Praktis Saat Camping )

6. Bawa Bahan Penyerap Air.
kain kanebo
Kain Kanebo

Ketika sepatu atau tenda anda basah maka sangat diperlukan perlengkapan seperti bahan yang dapat menyerap air, contohnya : kertas koran, kanebo ataupun spons.

7. Obat - obatan

Obat-obatan
Obat - obatan

Saat camping adalah saatnya bersenang-senang, jangan sampai sakit saat kegiatan camping. Obat wajib bawa pada saat camping yaitu, obat demam, sakit kepala, jamu masuk angin, obat sakit perut, vitamin, plaster dan alkohol.

Jangan memaksakan camping jika cuaca memburuk keselamatan dalam kegiatan camping merupakan tujuan yang paling utama. Sebaiknya lakukan kegiatan camping di saat cuaca cerah dan bawalah perlengkapan lengkap dan persiapkan fisik agar tidak jatuh sakit saat melakukan kegiatan camping. Semoga tips diatas bermaanfaat. (Baca Juga : Sewa Perlengkapan Kemah Di Bali )

No comments:

Post a Comment