Cara Menjaga Badan Tetap Hangat di Malam Hari Saat Kemah

Kemah merupakan kegiatan yang menyenangkan, melakukan kegiatan kemah bisa bersama teman - teman, sahabat dan keluarga. Saat berkemah kita biasanya memilih tempat kemah di atas bukit, dipinggir danau atau di pegunungan dan pantai. Tempat - tempat yang dipilih seringkali memiliki udara dan lingkungan yang dingin terutama di malam hari.

kemah di bali
Kemah di Bali


Saat berkemah jangan lupa bahwa di malam hari akan terasa dingin. Rasa dingin yang dirasakan bisa dari terpaan angin yang kencang atau suhu lingkungan yang semakin dingin. Jangan sampai saat melakukan berkemah kita kedinginan dan setelah selesai berkemah mengalami sakit akibat udara dingin. Berikut akan diberikan bagaimana cara menjaga badan kita tetap hangat saat kemah : 

  • Jangan terlalu banyak diam. Ketika diam tubuh akan terasa dingin. Banyak - banyaklah melakukan aktifitas bergerak karena apabila kita bergerak, tubuh akan membakar kalori, membuat sirkulasi darah menjadi hangat dan  suhu tubuh akan meningkat. Menggosok gosokkan kedua tangan dan menggosok gosokkan kaki juga bisa menambah kehangantan.

  • Makan makanan yang berkalori tinggi dan hangat seperti mie instan, telur, nasi bisa membuat tubuh terasa hangat dan memberi asupan gisi ke tubuh agar dapat diproses oleh tubuh. Makanan sangat berguna bagi tubuh agar tubuh bisa menyesuaikan diri dengan perubahan suhu di sekitar. 

  • Minum minuman yang hangat. Saat minum minuman hangat sirkulasi darah menjadi meningkat dan tubuh juga menjadi hangat. Minuman hangat bisa berupa air rebusan, air jahe hangat, air teh, susu hangat dan coklat hangat.  

  • Pastikan pakaian kering yang kita kenakan saat ingin masuk ke dalam tenda dan beristirahat adalah pakaian yang kering. Jika pakaian yang kita kenakan saat berkemah basah terkena air hujan atau basah karena keringat segera ganti dengan baju kering. 

  • Saat tidur di tempat kemah kita gunakan bahan-bahan yang hangat, gunakan sleeping bag yang berbahan polar atau polar dan dakron, gunakan topi atau penutup kepala yang hangat, sarung tangan. Jangan tidur di tempat yang banyak genangan air. Jika tidak ada sleeping bag bisa menggunakan jaket tebal, penutup kepala yang hangat, selimut yang hangat dan kaos kaki.

  • Tidur dengan cara saling berhimpitan bersama teman - teman dapat menambah rasa hangat, dibandingkan tidur berjarak atau saling berjauhan satu sama lainnya. Panas tubuh kita bersama akan saling menjaga dari hawa lingkungan yang dingin.

  • Membuat api unggun. Menyalakan api unggun sangat menyenangkan saat kemah tanpa api unggun saat berkemah serasa ada yang kurang. Api unggun yang dinyalakan padasaat malam hari dapat membantu menghangatkan tubuh dan lingkungan sekitar. Ketika menyalakan api unggun harus diingat juga keamaan untuk tenda agar tidak terkena api dan jangan menebang pohon untuk membuat api unggun agar hutan sekitar tempat kita kemah tetap terjaga. 

No comments:

Post a Comment