Cara Memperbaiki Frame Tenda Dome

Frame Tenda Dome Rusak
Frame Tenda Dome Rusak

Saat berkemah atau camping peralatan yang harus dibawa dan pasti dipergunakan padasaat kemah atau camping adalah tenda, tipe tenda yang sering digunakan adalah tenda dome. Jika tenda dome sering di gunakan untuk kemah atau camping maka pasti akan ada kerusakan pada bagian tenda terutama frame. Ini terjadi bisa akibat kelalaian kita saat menggunakan tenda dome dan kesalahan saat merangkai frame tenda. Bagian tenda yang sering mengalami kerusakan adalah bagian framenya. Frame tenda berfungsi sebagai kerangka tenda dome agar bisa berdiri kokoh. Jika frame mengalami kerusakan terbelah atau patah maka tenda tidak akan bisa berdiri secara sempurna.

Frame Tenda Dome Fiberglass
Frame Tenda Dome Fiberglass

Nah kali ini kami akan memberikan bagaimana cara memperbaiki frame tenda dome yang rusak. Kebanyakan frame tenda yang sering dipakai merupakan frame tenda berbahan fiberglass. Frame fiberglass sering sekali mengalami kerusakan. Kerusakan frame tenda berbeda - beda, Cara memperbaikinya pun juga berbeda - beda. Ada kerusakan frame yang terbelah di ujung atau sampai setengah frame tenda dan ada frame sampai patah. Dalam artikel kali ini ada dua jenis kerusakan frame yaitu kerusakan frame terbelah dan kerusakan frame yang patah serta bagaimana cara memeperbaiki masing-masing kerusakan frame. Mari kita mulai sekarang dengan jenis kerusakan yang pertama :



Memperbaiki Kerusakan Frame Fiberglass Pecah atau Terbelah Pada Ujung Frame   

Frame tenda dome yang pecah atau terbelah di ujungnya biasanya dikarenakan, antara sambungan frame tidak pas padasaat pemasangan, bisa juga karena padasaat pendirian tenda frame terlepas di sambungannya dan dipaksa di dorong agar masuk kembali ke sambungannya. Dorongan ini akan membuat frame dengan sambungan aluminium bertabrakan dan membuat frame fiberglass pecah sampai terbelah. Jika tidak ingin frame terbelah maka jangan terlalu keras mendorong frame yang terlepas dari sambungannya. Apabila frame terlepas dari sambungannya pasang kembali dengan tangan agar benar - benar tersambung kembali. Dengan begitu pecahnya frame dapat di hindari.

Frame Tenda Dome Pecah di Ujung
Frame Tenda Dome Pecah di Ujung
Apabila frame tenda dome terlanjur pecah maka ada solusi yang bisa digunakan untuk memperbaikinya. Berikut contoh frame yang rusak yang kami punya, karena akibat kesalahan pemakaian tenda dome saat berkemah. Kerusakan ini kami dapatkan saat meminjamkan tenda dome karena kami membangun usaha sewa peralatan camping ( Baca Juga : Sewa Tenda Kemah di Bali ). Berikut akan di jelaskan cara memperbaiki frame tenda dome yang pecah di ujungnya :

frame tenda dome pecah
Frame Tenda Dome Pecah

Alat dan bahan yang di perlukan berupa;  sebuah lem alteco, sebuah plaster berwarna hitam, gunting. Langkah pertama sediakan lem alteco dan plester hitam, kemudian lakukan pengeleman pada ujung frame tenda dome yang pecah atau terbelah. Setelah di lakukan pengeleman tunggu sampai kering. Setelah kering cek kembali frame yang di lakukan pengeleman tadi apakah sudah merekat dengan baik. 

Lem Frame Tenda Dome
Lem Frame Tenda Dome

Setelah melakukan pengeleman pada ujung frame tenda dome, langkah selanjutnya pelester kira - kira 3,5cm di bawah ujung frame tenda. Di plester agar frame lebih kuat dan apabila terbelah lagi tidak langsung terbelah sampai kebawah, jadi frame bisa bertahan dan masih bisa dipakai lebih lama.

Plaster Frame Tenda Dome
Plaster Frame Tenda Dome

Frame tenda yang pecah di ujungnya sudah selesai di perbaiki sekarang sudah bisa dgunakan kembali untuk kegiatan outdoor. Lanjutkan kembali kegiatan, mendaki, kemah, camping, memancing.

Memperbaiki Frame Fiberglass Terbelah atau Pecah Setengah Panjang Frame

Plaster Frame Tenda Dome yang Terbelah
Plaster Frame Tenda Dome yang Terbelah
Untuk memeperbaiki frame tenda dome yang terbelah hampir sampai di tengah hampir sama dengan cara memperbaiki frame tenda yang terbelah di ujungnya. Perbedaannya ada pada proses plesternya. Jika sudah terbelah panjang plester dari dasar frame sampai ujung atas dan sisakan 3,5cm di bagian atas agar frame bisa masuk ke sambungan aluminium. Untuk ujungnya tetap lem menggunakan lem alteco. Dengan cara ini frame yang terbelah panjang tadi bisa menyatu kembali dan dapat di gunakan kembali untuk mendirikan tenda dome.




Cara Menyambung Frame Fiberglass Yang Patah

Frame Tenda Dome Patah
Frame Tenda Dome Patah
Nah bagaimana kalau frame tenda tidak pecah melainkan patah. Kejadian ini bisa terjadi karena kita terlalu kuat untuk mendorong frame atau frame patah karena terinjak. Cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya yaitu sediakan bahan dan alat yang yang diperlukan :

Sebuah sambungan frame aluminium ( Cara Mencabut sambungan frame tenda dome )
Sebuah gergaji besi
Sebuah gunting
Sebuah lem alteco

Jika semua alat dan bahan sudah siap, langkah pertama yang di lakukan yaitu potong tali frame dibagian tengah frame yang rusak. Pemotongan tali frame dimaksudkan agar frame bisa terlepas dari tali penyambung tiap frame tenda dan memudahkan nantinya untuk proses perbaikan frame. Setelah di potong lepas kedua patahan frame, untuk selanjutnya dlakukan proses penghalusan patahan frame.

Potong Tali Frame Tenda Dome
Potong Tali Frame Tenda Dome

Selanjutnya frame yang patah tadi di bagian patahannya di haluskan di buat datar patahannya dengan cara di gergaji agar patahannya rata. Potong patahannya tersebut pelan-pelan dengan gergaji besi. Setelah di potong bila masih tersisa serabut - serabut fiberglass menempel di potong saja karena serabut fiberglass itu tajam dapat melukai tangan jika terkena. 

Gergaji Patahan Frame Tenda Dome
Gergaji Patahan Frame Tenda Dome
Setelah kedua patahan tersebut di potong sehingga datar, langkah selanjutnya pasang sambungan aluminium pada salah satu frame dan lem dengan lem alteco sambungan aluminium dengan salah satu ujung frame yang patah.

Sambungkan Frame yang Patah
Sambungkan Frame yang Patah 
Setelah salah satu frame yang patah di isi sambungan aluminium, berati sekarang satu patahan frame berisi sambungan dan satu patahan lagi tidak berisi sambungan. kemudian masukkan kembali tali frame ke masing - masing patahan dan ikat tali sambungan yang sengaja diputuskan  agar frame bisa menyatu kembali dengan frame yang lain dan bisa digunakan kembali. Frame sudah menyatu kembali siap untuk digunakan.    

Ikat Tali Frame Tenda Dome
Ikat Tali Frame Tenda Dome
Frame tenda yang rusak karena patah sudah diperbaiki, sudah bisa digunakan kembali. Mau kemah, camping, piknik, mendaki, memancing bisa di lanjutkan kembali.

Frame Tenda Dome Sudah Diperbaiki
Frame Tenda Dome Sudah Diperbaiki

Frame yang pecah dan terbelah serta patah yang dibuang atau tidak bisa digunakan lagi bisa di perbaiki dan dipergunakan kembali. Semoga artikel yang di sampaikan bisa berguna atau sebagai solusi untuk perbaikan frame yang rusak. Jadi jangan lagi membuang - buang frame yang rusak karena masih bisa diperbaiki dan dipergunakan lagi.    

1 comment:

  1. Aluminium utk mnyambungnya bs d dpaatkan d mana ya..

    ReplyDelete